Jumat, 27 Januari 2012

Wazzub - The Power of "Scam"

Akhi-akhir ini santer terdengar dan terlihat di facebook, email, dll tentang wazzub. Banyak sekali perdebatan mengenai apakah Wazzub itu scam atau bukan? Saya tahu info ini melalui facebook dan dikatakan bahwa KORAN KOMPAS adalah sumbernya. Setelah saya telusuri berbagai sumber di google, postingan di kompasiana yang membahas Wazzub telah dihapus, selain itu postingan lain yang membahas dan menganjurkan Wazzub juga telah banyak dihapus, sehingga saya bisa menyimpulkan sendiri bahwa Wazzub is SCAM, Wazzub itu nipu. Tapi disini saya tidak memaksa Anda untuk mengikuti/tidak program Wazzub itu. Yang saya sampaikan disini adalah alasan mengapa saya bisa menyimpulkan Wazzub is SCAM. Sebelumnya saya jelaskan sedikit dulu tentang Wazzub.


Apa itu Wazzub?
WAZZUB adalah salah satu Fenomena Profit Sharing melalui komunitas online. WAZZUB akan melakukan bagi untung dengan siapa saja yang mendaftar secara gratis pada pra-peluncuran sebelum 9 April 2012 kepada anggotanya yang hanya memilih WAZZUB sebagai homepage mereka. Dikatakan bahwa Wazzub akan menjadi sebuah situs yang akan menjadi mesin pencari (search engine) dan akan menjadi pesaing facebook dan Google. Konon begitu. Tetapi, saya melihat banyak hal yang sangat ganjil tentang Wazzub, apalagi kalau dikatakan Wazzub akan menjadi mesin pencari menyaingi si raksasa Google. Untuk sebuah ide atau cita-cita besar dengan niat yang baik, Wazzub jauh dari kredibilitas. wazzub memberikan kepada membernya sebuah penghasilan 50% dari total penghasilan yang di dapat oleh wazzub. perhitungan keuntungan untuk anda yaitu sekitar 1$ per orang yang anda ajak untuk bergabung. waw sungguh fantastic sekali bukan.

Mendaftar di wazzub sanggat simpel dan mudah, lagi pula anda mendaftar tidak dipungut biaya sepeserpun , kesimpulannya anda tidak dirugikan sama sekali. bayangkan jika anda bisa mengajak orang / member aktif di wazzub 100 member / bln maka penghasilan anda sebesar 100$ .
Nah cukup itu saja pembahasan mengenai Wazzub, sekarang dibahas tentang Fakta mengenai Wazzub is SCAM yang saya ambil dari beberapa sumber:

  1. Tidak ada member area yang memungkinkan sesorang yang memiliki akun di Wazzub untuk melihat akunnya. Pada umumnya, sebuah situs yang mengharuskan seseorang sign up, pasti ada member area, untuk mengedit profil, foto, data diri, merubah password, merubah email dll.

  2. Domain yang digunakan sebagai domain utama Wazzub adalah dot info, bukan dot com. Dot info ini dalam urutan TLD (Top Level Domain) termasuk domain murahan. Bahkan di GoDaddy harga domain .info hanya $0,16. Saya bisa buatkan website www.bukanwazzub.info  hanya dengan biaya Rp. 80.000, murah bukan? Mungkinkah sebuah situs raksasa hanya menggunakan domain murahan yang bukan TLD tertinggi seperti dot com. Memang, www.wazzub.com  juga bisa dibuka dengan tampilan yang sama tetapi tidak memiliki fasilitas referral.

  3. Silahkan buka www.wazzub.com  dan buka di tab baru dengan alamat referral Wazzub milik Anda atau milik teman Anda. Lihat tampilannya. Saya mencoba membuka www.wazzub.com  tertera jumlah usernya 531.000 sementara di link referral www.wazzub.info  jumlahnya berjalan, ada count-nya.

  4. Sistem Wazzub dalam mengirimkan email verifikasi juga cukup unik, Wazzub seperti menganjurkan kita menggunakan email dari Gmail dan tidak menyarankan penggunakan AOL dan HOTMAIL. Meskipun pihak Wazzub memberi keterangan bahwa mungkin saja terjadi kegagalan deteksi spam pada AOL dan HOTMAIL yang menyebabkan email verifikasi di kedua layanan email tersebut akan terganggu. Ada apa ini?

  5. Blog Wazzub yang beralamat di www.heywazzub.blogspot.com  juga terbilang lucu. Blog itu dibuat dengan GRATIS alias tidak mengeluarkan biaya apapun dalam hosting maupun domainnya. Tampilan yang dipakaipun hanya menggunakan tampilan dasar, sangat mirip dengan hasil karya seseorang yang baru bisa ngeblog untuk pertama kalinya. Dan, di dunia ini banyak sekali situs blogging, kenapa Wazzub menggunakan Blogspot? Bukankah Blogspot itu milik Google? Bukankah Wazzub justru akan menjadi pesaing Google? :))
Jangan Anda berfikir bahwa tidak ada ruginya mendaftar disana karena gratis. Hal-hal itulah yang diprediksi akan berdampak buruk terhadap kemungkinan pishing atau pencurian data user. Semisal, anjuran Wazzub menggunakan Gmail bisa jadi adalah cara Wazzub mencuri database dengan cara menyimpan akun Anda beserta password yang Anda gunakan untuk sign up di Wazzub.


Ingat, kebanyakan orang menggunakan password yang sama untuk berbagai email sign up. Kemungkinan ini bisa dimanfaatkan oleh Wazzub mencuri akun Anda di Gmail/Yahoo atau email yang Anda pakai untuk mendaftarkan diri di Wazzub. Akun email anda bisa saja dicuri. Untuk apa? Bisa jadi untuk pishing, spamming, hingga hacking dan pencurian database.


Saya hanya bisa menganjurkan bahwa jangan percaya dengan program2 penghasil uang (dollar/rupiah) yang didapat dengan hasil instan dan sangat mudah. Untuk mengikuti Google Adsense saja yang kedengarannya mudah harus berjuang ekstra untuk berhasil meraup dollar. Bagi yang menganjurkan orang lain untuk bergabung dengan Wazzub sebaiknya pikir-pikir lagi, banyak orang yang telah dikatakan "orang bodoh/dungu" di blog/akun mereka karena menganjurkan bergabung dengan Wazzub.

Postingan ini hanya sebagai bahan pikiran. Anda yang menentukan.


Bagi yang sudah memasukkan data Anda di Wazzub sebaiknya segera mengganti password akun Anda yang sama dengan data yang Anda masukkan (misalkan email, paypal, dll) agar Anda tidak menyesal kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar